CEK FAKTA: Kabar Duka Dorce Gamalama Meninggal dan Beri Pesan Terakhir Ini, Benarkah?





    Beredar kabar duka Dorce Gamalama meninggal dunia. Kabar ini juga mengungkap pesan terakhir Dorce, mulai dari firasat sampai persiapan kuburan.

    Kabar ini dibagikan oleh akun YouTube Jago Gosib. Akun ini mengunggah video dengan judul “lnnaIiIIahi WainnaiIaihi Rojiun, Kabar Duk4 Dorce Gamalama. Inilah Pesan Terakhirnya..!!

    Akun ini juga mengatakan Dorce Gamalama sudah memiliki firasat jika akan meninggal dunia. Ia disebutkan sudah menyiapkan kain kafan sampai kuburan sebagai permintaan terakhirnya.

    Selain itu, pihak keluarga juga disebut telah meminta maaf kepada publik atas kesalahan Dorce Gamalama.

    Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

    Narasi pada judul:

    lnnaIiIIahi WainnaiIaihi Rojiun, Kabar Duk4 Dorce Gamalama. Inilah Pesan Terakhirnya..!!

    Narasi pada thumbnail:

    INNALILAHI

    KABAR DUK4 DORCE GAMALAMA

    BAK FIRASAT, SUDAH SIAPKAN KAIN K4FAN & KUBVRAN

    INILAH PERMINTAAN TERAKHIR DORCE GAMALAMA

    KELUARGA MOHON MAAF JIKA ADA SALAH

    CEK FAKTA Kabar Duka Dorce Gamalama Meninggal dan Beri Pesan Terakhir Ini. (Turnbackhoax.id)

    Lantas benarkah kabar duka tersebut?


    PENJELASAN

    Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, kabar duka Dorce Gamalama meninggal dunia dan sudah menuliskan pesan terakhir tidak benar.

    Faktanya, isi video merupakan pembacaan dua artikel dari dua media. Artikel pertama yang dibacakan dalam video tersebut ialah artikel berjudul “Ini Permintaan Terakhir Dorce Gamalama Sebelum Hilang Kesadaran”.

    Artikel tersebut tayang di okezone.com pada 8 Oktober 2021. Isi artikel pertama itu membahas permintaan Dorce untuk makan sebelum hilang kesadaran dan dilarikan ke RS Primaya, Bekasi.

    Sedangkan artikel kedua yang dibacakan dalam video berjudul “’Netizen Gak Usah Repot-Repot Kalo Saya Mati!’ Bak Firasat Buruk Sebelum Kritis Tak Sadarkan Diri di ICU, Dorce Gamalama Sudah Siapkan Kain Kafan Hingga Kuburan”. Artikel itu tayang di fame.grid.id pada 8 Oktober 2021.

    Isi artikel kedua membahas kondisi Dorce yang kehilangan kesadarannya pada 7 Oktober 2021. Momen itu kemudian dikaitkan dengan wawancara Dorce pada Juni 2020 terkait persiapannya menghadapi kematian.

    Sementara itu, kondisi terakhir Dorce juga sudah diungkapkan oleh kerabat dekatnya, Hetty Sunjaya. Ia mengaku dirinya diberitahu keluarga bahwa Dorce sudah bisa diajak bicara.

    Menurut kabar yang diterima Hetty, Dorce juga sudah bisa mengobrol dengan keluarganya. Ia mengatakan kondisi Dorce sudah membaik dari sebelumnya.

    “Sudah bisa ngobrol, sudah enakan dan jauh lebih baik alhamdulillah. Sudah bisa bicara, oke,” kata Hetty.


    KESIMPULAN

    Dari penjelasan di atas, maka kabar duka Dorce Gamalama meninggal dunia dan sudah menuliskan pesan terakhir adalah hoaks.

    Kabar tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

    Catatan Redaksi:
    Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.


    Tidak ada komentar untuk "CEK FAKTA: Kabar Duka Dorce Gamalama Meninggal dan Beri Pesan Terakhir Ini, Benarkah?"