Menang Banyak, Mantan Rekan Tim Voli Putri: Ganti Baju, Dia Balik Badan!

     







    Mantan atlet voli putri kebanggan Indonesia yang juga merupakan seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), Aprilia Manganang telah resmi berganti nama menjadi Aprilia Perkasa Manganang.


    Tangis haru Sersan Dua (Serda) Aprilio Perkasa Manganang pecah usai mendengar putusan hakim ketua Nova Loura Sasube yang mengabulkan permohonan perubahan identitas terhadap dirinya. 


    Dalam sidang putusan yang digelar pada Jumat 19 Maret 2021 di Pengadilan Negeri Tondano hakim mengabulkan permohonannya untuk merubah nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang dan merubah identitas jenis kelaminnya. 


    Usai membaca putusan hakim Nova memberikan selamat kepada Manganang yang kini sudah memiliki identitas baru. Namun saat itu Aprilio Manganang terlihat menangis haru.


    "Jangan menangis, laki-laki sekarang toh, selamat ya," tutur Nova usai persidangan yang disiarkan secara daring, Jumat 19 Maret 2021.


    KSAD Andika Perkasa menjelaskan bahwa Aprilio Perkasa Manganang, sejak awal merupakan seorang laki-laki tapi mengalami kelainan hipospadias.


    Hipospadia adalah kondisi muara uretp eksternal (MUE) atau lubang kencing tidak berada pada posisi yang normal.


    Karena kelainan itu kata Andika, Aprilia Manganang sejak lahir oleh petugas medis yang membantu kelahirannya disangka perempuan.


    Sejak kecil hingga tumbuh dewasa Aprilia Manganang masih disangka perempuan oleh rekannya baik di sekolah maupun saat menjadi atlet voli dan masuk TNI AD.


    Hingga kemudian kata Andika, pada 3 Februari 2021 lalu TNI melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap Aprilia Manganang.


    Berdasarkan hasil pemeriksaan di RSPAD terhadap kondisi Aprilia Manganang ternyata ditemukan bahwa ia merupakan seorang laki-laki.

    Sempat membela Indonesia dalam ajang bola voli putri beberapa waktu lalu, kini komentar miring tentang Aprilio Mangangan bermunculan.


    Hal ini bahkan membuat mantan rekan satu tim bola voli putri Aprilio Manganang, Berllian Marsheilla angkat bicara temannya dituding menang banyak oleh netizen.


    Dilansir Zonajakarta.com dari akun YouTube Berllian Marsheilla yang mengunggah sebuah video pada 13 Maret 2021, Berllian Marsheila angkat bicara soal sosok dengan Aprilio Manganang yang dulu dikenalnya sebagai Aprilia Manganang.


    "Aku sangat bangga sama adik aku, Aprilia Manganang, sangat suport banget," ujar Berllian.


    "Itu semua nggak gampang lho guys, bayangin kalian dari dia lahir sampai detik ini, dia menanggung beban ini sendirian.


    Dia menjadi orang yang agak sedikit tertutup karena ada masalah yang memang dia pendam sendiri.


    Bayangin! Hal ini nggak mudah," ujar Berllian.


    "Aku menjadi saksi perjalanannya Aprilia Manganang, dari yang dia apa yah, dia dulu pernah di atletik, terus dia juga pernah di basket, terus dia akhirnya pindah ke bola volly, dan itu saya menyaksikan bagaimana orang-orang memperlakukan dia.


    Kayak misalnya ada penonton, ada netizen yang membully dia dengan bahasa-bahasa yang tidak baik, yang kasar, terus ada netizen juga yang kadang komentarnya juga tidak berperikemanusiaan, dan saya rasa, itu salah satu masalah atau beban yang dia pegang dia pikul selama ini.


    Paham?," jelas mantan rekan satu tim Aprilio Manganang tersebut.


    "Dan ada lagi nih yang buat aku risih tentang DM netizen juga, dan banyak juga masuk di kolom komentar YouTube aku, tentang 'Wah menang banyak dong Aprilia Manganang selama ini peluk-peluk cewek'.

    Ehm, dibilang menang banyak gimana ya guys, sekarang kalian memposisikan diri, seorang Aprilia Manganang saat lahir dan terlahir dokter dan semua orang taunya dia perempuan.


    Paham?.


    Taunya dia perempuan, tapi dia merasa dia itu 'Saya bukan perempuan'.


    Tapi situasi orang memperlakukan dia sebagai perempuan.


    Bagaimana? menurut kalian?," tanya Berllian balik ke warganet.


    "Itu berat banget, kalau mungkin kita di posisinya dia, kita nggak akan sekuat ini.


    Paham sampai sini guys?.


    Terus, April termasuk orang yang sangat sopan sekali.


    Karena mungkin dia tau, dia punya sesuatu yang berbeda dengan kita (anggota tim volly putri yang lain), ketika kita ganti baju, ketika kita satu ruangan, atau kalau perempuan mungkin biasanya mandi bareng, nah, April selalu memisahkan diri.


    Dia selalu berganti baju di tempat yang lain, di ruangan tersendiri.


    Dan kalaupun seandainya bareng-bareng, dia selalu balik badan, terus dia buru-buru ganti baju, dan dia duluan keluar, baru kita dipersilahkan ganti baju.


    Gitu, jadi, dia punya sopan santun yang sangat baik.


    Jadi kalian temen-temen, jangan ada pikiran jelek yang 'Wo, menang banyak' dan segala macem," ujarnya menjelaskan.


    "Ya kalau dipikir menang banyak kita nggak pernah tau, karena April sendiri nggak tau di tuh siapa, gitu lhoh, dia tuh jati dirinya apa gitu kan," jelas Berlliana Marsheila menjelaskan.


    Ia juga menceritakan dirinya sempat satu kamar dengan Aprilia Manganang saat menjadi atlet.


    "Yang sekamar bareng ini, kalau aku ganti baju, April seringnya keluar.


    Atau kalau April ganti baju, April seringnya di kamar mandi.


    Tidurpun bukan satu ranjang.


    Kita tidurpun beda ranjang.


    Biasa twin bed kalau misalkan kita atlet dikasih twin bed," jelas Bellian lagi.






    Tidak ada komentar untuk "Menang Banyak, Mantan Rekan Tim Voli Putri: Ganti Baju, Dia Balik Badan!"