Gempa Dahsyat 8,1 Magnitude Guncang Selandia Baru, Begini Rekaman Detik-detik Tsunami Terjang Pantai Tokomaru


    Kabar mengejutkan datang dari negara tetangga Indonesia, Selandia Baru.

    Pasalnya, dikutip Zonajakarta.com dari Pikiran Rakyat Indramayu, gempa bumi 8.1 skala richter telah mengguncang Selandia Baru pada Jumat, 5 Maret 2021.

    Bencana alam ini diinformasikan oleh National Emergency Management Agency (NEMA) telah terjadi guncangan gempa bumi  disekitar wilayah Kepulauan Kermadec Selandia Baru.

    NEMA memperingatkan kepada warga setempat agar segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena dikhawatirkan akan terjadi tsunami.

    Dilansir dari Guardian, gempa tersebut telah melanda Selandia Baru 6,2 mil dibawah laut dan 148 mil timur laut kota pelabuhan Gisborne di North Island.

    Pada pukul 2:27 pagi warga dikagetkan dengan getaran gempa yang pada saat itu cukup membangunkan orang – orang akibat goncangan tersebut.

    Sistem peringatan tsunami AS juga mengatakan gempa tersebut dapat menyebabkan gelombang setinggi antara 1m (3ft) dan 3 m (10ft) di Polinesia Prancis dan gelombang hingga 1m di Niue, Kaledonia Baru dan Kepulauan Solomon.

    Pemerintah telah mengingatkan kepada warga bahwa aktivitas tsunami ini akan berlanjut sehingga harus waspada akan guncangan susulan.

    Anjuran pemerintah menyarankan agar warga tetap  mengikuti arahan dan instruksi dari pemerintah untuk mengevakuasi daerah yang terkena dampak tsunami.

    Untuk saat ini warga setempat tidak diperbolehkan berada di daerah sekitar pantai.

    “Semua warga yang telah dievakuasi saat ini bisa kembali namun sarannya tetap, untuk semua area dibawah ancaman pantai dan laut, disarankan untuk menjauhi area pantai,” tulis akun badan tersebut.

    Di media sosial twitter terdapat warga yang mengunggah video gelombang tsunami yang menggulung laut Tokomaru di Gisbone.

    GeoNet menyatakan bahwa gempa tersebut dianggap sebagai guncangan terparah karena pihaknya mendapatkan 60.000 laporan mengenai guncangan yang telah dirasakannya.

    Pada awalnya Survei Geologi AS mencatat gempa tersebut pada 7,3  sr kemudian menurun menjadi 6,9 sr.

    Gempa tersebut tejadi pada kedalaman sekitar enam mil (10 km).

    Menanggapi hal ini, sebelumnya pernah juga terjadi bencana alam pada tahun 2011 yaitu terjadi gempa berkekuatan 6,3 melanda Kota Christchurch yang menewaskan 185 orang dan menghancurkan sebagian besar pusat kota.

    Sementara itu, dikutip Zonajakarta.com dari akun instagram ilmuan Mitigasi gempa dan tsunami BMKG Daryono, @daryonobmkg, beredar detik-detik tsunami terjang pantai Tokomaru usai gempa dahsyat guncang Selandia Baru.

    "Tsunami akhirnya datang juga di Pantai Tokomaru pasca gempa Kermadec 8,1 di timur Selandia Baru," tulis akun Instagram @daryonobmkg dalam unggahannya.

    Dalam sebuah video singkat yang direkam dari atas bukit, nampak gelombang menerjang di pantai yang disebut-sebut pantai Tokomaru.

    "Oh my gossh wow (ya tuhan wow)," ujar seorang pria yang diduga merekam video tersebut.

    Dalam video nampak gelombang air berwarna putih menerjang pantai dengan air berwarna biru.

    Semua orang terdengar berbincang saat gelombang tsunami menerjang di hadapan mereka.