7 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dari Covid



    Menjaga daya tahan tubuh amat sangat penting di tengah merebaknya wabah corona covid 19. salah satu yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin c. Semakin banyak orang yang berburu suplemen vitamin c saat ini. untuk kamu yang suka dengan bahan alami, bisa coba dengan rutin mengkonsumsi buah buahan yang mengandung vitamin C.

    Berapa sih Kebutuhan Vitamin C rata2 perhari?

    Kebutuhan Vitamin C Tubuh
    Kebutuhan vitamin C tiap orang tidak sama, hal ini tergantung pada usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatan. Berikut asupan harian vitamin C yang dianjurkan, berdasarkan usia dan jenis kelamin:

    Usia 0-9 tahun: 40-50 mg/hari.
    Remaja laki-laki usia 10-15 tahun: 50-75 mg/hari.
    Laki-laki 16 tahun ke atas: 90 mg/hari.
    Remaja perempuan usia 10-15 tahun: 50-60 mg/hari.
    Perempuan 16 tahun ke atas: 75 mg/hari.
    Apa saja sih jenis buah yang kaya akan Vitamin C? Simak Daftar 7 Buah yang Kaya kandungan vitamin c berikut ini Yuk.

    1 .Kiwi
    Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk. Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

    Selain itu, buah ini juga cocok dijadikan menu diet, karena memiliki kalori yang rendah namun tinggi akan kalium dan serat.

    2. Jeruk

    Buah jeruk sangat familier sebagai sumber vitamin C yang baik untuk mecukupi kebutuhan nutrisi vitamin C harian. Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk, sekitar 125 miligram.

    Selain vitamin C, jeruk juga mengandung nutrisi dan mineral, seperti kalium, folat, lutein, dan serat yang baik.

    3. Jambu biji

    Jambu biji adalah buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk.

    Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam jambu biji ini juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk. Kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gram (untuk wanita) sampai 38 gram (untuk pria) dalam sehari.

    Menurut Penelitian Jambu Biji dikatakan menjadi kandidat untuk Mengatasi Corona, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor mengembangkan penelitian terkait jambu biji sebagai kandidat potensial pencegahan virus corona. 

    4. Pepaya

    Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Berdasarkan penelitian, konsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya.

    Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Karena kandungannya ini pepaya bermanfaat untuk memperlancar pencernaan (serat), menjaga kesehatan kulit dan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks), dan mengontrol tekanan darah (kalium).

    5. Nanas

    Sebesar 39-49 gram vitamin C terkandung dalam setengah gelas (125 ml) buah nanas. Tidak berbeda jauh dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah stroberi.

    Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta juga dapat bertindak sebagai antiperadangan.

    6. Mangga 

    Kandungan vitamin C dalam buah mangga adalah sebesar 29 mg. Selain sebagai sumber vitamin C, mangga juga sebagai sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga.

    Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga terbukti dapat membantu melindungi kamu dari kanker payudara dan kanker usus besar.

    7. Strawberry

    Stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah tinggi dengan buah jeruk. Buah yang sangat digemari semua kalangan usia ini mempunyai rasa manis, tekstur yang lembut, dan berair.

    Serat, folat, potasium, dan magnesium adalah kandungan lain yang ada dalam buah stroberi. Mengonsumsi buah stroberi mengandung 59 miligram vitamin C dalam sajian 100 gram

    Nah dari 7 Buah yang Kaya akan kandungan Vitamin C diatas mana yang paling kamu suka? Tetap Jaga kesehatan kamu dengan perhatikan pola makan sehat selama wabah corona berlangsung ya. semoga informasi tentang Buah buahan yang Mengandung Vitamin C Untuk Tangkal Corona diatas dapat bermanfaat.